Skip to main content

CARA MENGGUNAKAN MAIL MERGE PADA MICROSOFT WORD

Mail Merge adalah suatu tools yang terdapat pada menu bar “Mailings” pada Microsoft Word. Dimana tools kita manfaatkan untuk membuat database dokumen. Misalkan kita membuat undangan untuk 100 orang. Bukan berarti kita harus menulis surat sejumlah 100 buah untuk 100 undangan. Kita cukup membuat satu buah surat, dan untuk mengisikan nama dan alamat yang berbeda untuk tiap para undangan.


Mungkin penjelasan ini kurang dapat di pahami. Lebih mudahnya, mari kita bersama belajar membuat mail merge.

Langkah 1
Ketikan Surat, sebagai contoh singkat seperti di bawah :

 --------------------------------------------------------------------------------------------
Kepada :
Alamat :
Di harapkan kehadiran pada :
Pkl  : 15.00 WIB
Di Gelora Olahraga Kita
Atas perhatinnya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami

Panitia
---------------------------------------------------------------------------------------------



Langkah 2(membuat mail merge)
- Klik menu bar Mailling
- Klik Start Mail Merge
- Pilih Letters


- Kemudian kita Klik Select Recipients
- Pilih Type New List

- Kemudian akan muncul Windows seperti dibawah :

- Kemudian kita klik tombol “Customize Columns…”, karena kita hanya membutuhkan 2 field, yaitu Nama dan Alamat
-  Setelah kita klik tombol “Customize Columns…”, akan muncul kotak dialog seperti di bawah,

- Tugas kita disini ialah menghapus semua field yang ada, dengan cara klik tombol “Delete”, dan akan muncul dialog pertanyaan seperti dibawah,

- Dan kita bisa lihat bahwa field “Title” telah hilang, dan lakukan hal tersebut hingga field kosong, seperti gambar di bawah,

- Kemudian untuk mengisikan field “Nama” dan “Alamat”, klik tombol “Add”. lihat gambar di bawah;


- Dan seterusnya hingga field “Alamat”, dan klik OK


-  Maka akan muncul dialog seperti gambar di bawah;

- Di dialog ini, kita akan mengisikan data atau nama dan alamat orang yang akan kita undang, pilih “New Entry” (sebanyak kebutuhan kita), lalu klik OK

- Kemudian kita harus simpan data yang sudah kita inputkan, untuk nama terserah anda.

- Setelah selesai kita membuat data, maka kita menginjak langkah selanjutnya.

Langkah 3

- Menjalankan mail merge kita, lihat gambar di bawah;


- Posisikan kursor kita di isian Kepada, dan kita klik tombol “Insert Merge Field”, pilih “Nama”, dan pilih “Alamat” untuk isian alamat, maka akan muncul otomatis seperti terlihat gambar dibawah;

- Kemudian untuk menampilkan data, kita Klik tombol “Preview Result”, seperti gambar di bawah;

- Maksud angaka satu adalah, merupakan data ke-1, dan untuk melihat berikutnya, klik tombok Next, lihat gambar di bawah;

Dan undangan siap di print tanpa harus merubah atau mengulangi penulisan surat.


Mungkin ada beberapa diantara kita yang sedikit atau malah tidak paham dengan tutorial ini. Diharap untuk maklum.
Selamat Mencoba untuk teman-teman.

Meski Sedikit, Semoga bermanfaat...
Selamat Mencoba ^_^
Sekian, terimakasih 





Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT TEKS KORAN PADA MICROSOFT WORD

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat teks koran/majalah yang sering kita lihat dan baca. Berikut Langkah-langkah dalam membuat Teks Koran/Majalah adalah ; 1. Membuat kolom Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation . Pilih Portrait atau Landscape . Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns . Pilih Two untuk membuat dua kolom. Pada contoh ini terdiri dari dua bagian: Judul (Lorem Ipsum) = satu kolom. Isi = dua kolom. Untuk gabungan ini, Microsoft Word akan otomatis membuat Section Break (Continuous) . Pada kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke kolom selanjutnya. Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break . Caranya: Letakkan kursor di depan teks yang aka...

CARA MEMBUAT PAGE NUMBER OTOMATIS

Biasanya dalam pembuatan makalah kita tidak ingin ribet mengatur format halaman yang berbeda pada makalah, sehingga kita menyimpan makalah dengan file yang berbeda. Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara menyatukan file-file tersebut ke dalam satu file, namun penomorannya tidak berubah. Sekaligus akan membuat daftar isi otomatis, sehingga kita tidak harus bersusah payah menuliskan nomor halaman pada daftar isi. Ini yang menjadi kendala kita dalam pembuatan makalah. Tidak ingin susah mengatur format halaman dengan 3 sesi berbeda. Sesi tersebut adalah COVER yang tidak memiliki nomor halaman, kemudian KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR PUSTAKA yang dituliskan dalam angka romawi (i, ii, iii,…), dan yang terakhir adalah bagian ISI yang bernomor standard 1, 2, 3, … Ikuti langkah-langkah di bawah ini ; Satukan file-file yang terpisah ke dalam satu file. Berikan nomor halaman dengan cara klik Ribbon Insert -> Group Tabs Header & Footer -> Pag...

Cara Membuat Sampul/Cover Page Dokumen Ms Word

Sampul atau cover dokumen penting untuk menandai pekerjaan kita. Sampul / cover yang menarik akan membuat orang tertarik untuk membaca isi dokumen. Berikut langkah-langkah dalam membuat cover tersebut ; Klik menu ribbon Insert lalu klik tombol Cover Page yang ada pada bagian grup pages , atau Tekan tombol ALT+N lalu tekan tombol huruf V Pilih salah satu dari sampul/cover page yang tersedia untuk digunakan Sampul/cover page akan ditaruh pada halaman pertama dokumen.   Meski Sedikit, Semoga bermanfaat . . . Selamat Mencoba ^_^ Sekian, Terimakasih

CARA MENYEMBUNYIKAN TEKS AGAR TIDAK IKUT TERCETAK

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menyembunyikan agar tidak ikut tercetak. Baiklah kita  langsung saja, caranya mudah dan gampang kok. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ; Sebelumnya kita buka dulu Msword terlebih dahulu. ketikan beberapa kata/buka dokumen Msword yang sudah ada. blok kata/kalimat yang tadi  klik kanan- font maka akan muncul seperti gambar dibawah ini; klik font dan pilih hidden  Kemudian kalu misalkan kalimat atau dokumen ingin muncul kembali seperti semula, maka kita harus membukan Hidden yang kita tadi lakukan, dengan cara Blok atau ctrl+A, lalu klik kana pilih font, terus pilih Uncheck Hidden kemudian OK.  kemudian setelah semua dilakukan, maka teks atau dokumant akan muncul kembali seperti semula. Demikian yang dapat saya bagikan kali ini. Meski sedikit, semoga bermanfaat . . . Sekian, Terimakasih

CARA MEMBUAT STRUKTUR ORGANISASI

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kalimat "STRUKTUR ORGANISASI". Struktur Organisasi tersebut biasanya terdapat pada instansi, organisasi, atau pun sekolah-sekolah. Kegunaan dari Struktur Organisasi tersebut memudahkan orang dalam menjalankan tugas masing-masing. Langsung saja kita mulai cara membuat struktur oragnisasi tersebut. Untuk membuat struktur organisasi yang paling mudah dan cepat di ms word, ikuti langkah-langkah berikut; Buka lembar kerja ms word anda. Selanjutnya klik insert pada menu bar ms word kemudian pilih smartart pada group illustrations. Selanjutnya akan muncul jendela choose a SmartArt grafic Pada jendela ini anda bisa memilih model struktur organisasi sesuai dengan keinginan anda. Jika anda menginginkan model struktur oraganisasi seperti halnya struktur organisasi di sekolah, anda bisa memilih model Hierarchy . Selanjutnya anda bisa melihat preview dari model pilihan anda panel se...

CARA MENGATUR GAMBAR MENGGUNAKAN WORD TEKS

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ten t ang mengatur gambar pada MS.WORD. Berikut langkah-langkahnya; P ertama tama kita buka ms.word lalu sisipkan gambar dengan cara pilih menu  insert > picture setelah itu kita pilih gambar yang akan kita sisipkan lalu klik insert, maka gambar akan tersisipkan di ms.word, setelah itu untuk mengatur gambar tersebut, kita tinggal klik kanan pada gambar tesebut lalu pilih pilihan  text wrapping. maka akan beberapa pilihan  in line with text  :  gambar yang anda pilih akan ditempatkan sebaris dengan teks`   square :  menjaga jarakk teks dengan gambar dalam bentuk tampilan kotak. tight :  seperti square, tetapi jarak teks yang ada dia atas dan bawah gambar akan sangat dekat dengan gambar (tanpa jarak) behind text :  gambar diletakan dibawah teks, sehingga gambar akan terlihat seperti background dari kertas. in front of text :  gambar diletakan diatas teks, sehingga bila ad...

CARA MEMBUAT FORMAT MATEMATIKA DI MICROSOFT WORD

Microsoft equation adalah tool yang ada pada microsoft word yang berfungsi untuk membantu dalam menuliskan rumus matematika yang sangat sulit. dengan tool ini menuliskan rumus matematika yang sangat rumitpun bisa dengan mudah dilakukan. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat format matematika/rumus. Berikut langkah-langkahnya; buka microsoft word lalu pilih  insert > equation. Lalu kita pilih rumus yang akan digunakan, contohnya rumus yang dibawah ini; Untuk mengedit angka-angka nya kita tinggal simpan atau klik dibagian mana yang akan dirubah. seperti gambar berikut; Mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan untuk kali ini. Meski sedikit, semoga bermanfaat . . . Selamat mencoba Sekian, Terimakasih