Skip to main content

CARA MEMBUAT PAGE NUMBER OTOMATIS

Biasanya dalam pembuatan makalah kita tidak ingin ribet mengatur format halaman yang berbeda pada makalah, sehingga kita menyimpan makalah dengan file yang berbeda.

Berikut ini akan saya jelaskan bagaimana cara menyatukan file-file tersebut ke dalam satu file, namun penomorannya tidak berubah. Sekaligus akan membuat daftar isi otomatis, sehingga kita tidak harus bersusah payah menuliskan nomor halaman pada daftar isi.

Ini yang menjadi kendala kita dalam pembuatan makalah. Tidak ingin susah mengatur format halaman dengan 3 sesi berbeda. Sesi tersebut adalah COVER yang tidak memiliki nomor halaman, kemudian KATA PENGANTAR, DAFTAR ISI, DAFTAR PUSTAKA yang dituliskan dalam angka romawi (i, ii, iii,…), dan yang terakhir adalah bagian ISI yang bernomor standard 1, 2, 3, …

Ikuti langkah-langkah di bawah ini ;

  • Satukan file-file yang terpisah ke dalam satu file.

  • Berikan nomor halaman dengan cara klik Ribbon Insert -> Group Tabs Header & Footer -> Page Number -> Bottom of Page. Letak nomor halaman bebas.
  • Agar halaman cover tidak memiliki nomor, klik pada halaman kedua paling atas.

Kemudian, klik Ribbon Page Layout -> Page Setup -> Breaks -> Next Page.


Dengan demikian, kita telah membuat 2 Section Break.

  • Klik ganda pada footer halaman kedua, lalu non aktifkan Link to Previous dengan cara klik button Link to Previous


  • Kita bisa menghapus nomor halaman pada cover dengan cara klik ganda pada footernya lalu hapus manual saja.
  • Untuk halaman kedua hingga beberapa halaman berikutnya yang berisi kata pengantar, daftar isi, dsb kita akan memberikan nomor halaman dengan format romawi. klik di halaman kedua, lalu klik Ribbon Insert -> Group Tabs Header & Footer -> Page Number -> Format Page Number. Lalu ikuti petunjuk berikut.

Dengan demikian, mulai dari halaman kedua hingga akhir akan mempunyai nomor halaman i, ii, iii, dst.
  • Berikutnya kita akan membuat format halaman pada BAB I hingga seterusnya dengan format halaman biasa (1, 2, 3, dst.).

Klik pada BAB I, lalu lakukan langkah yang sama dengan POINT 3 hingga POINT 4 di atas namun tidak perlu ada proses hapus. Kita telah membuat 3 Section Break pada satu dokumen.


  • Untuk mengubah format halamannya menjadi angka biasa, lakukan petunjuk berikut.


  • Untuk halaman terakhir yaitu DAFTAR PUSTAKA, lakukan langkah yang sama dengan POINT 3 hingga POINT 4 lalu ikuti petunjuk berikut.


  • Hasil akhir adalah halaman COVER tidak bernomor, KATA PENGANTAR dan seterusnya termasuk DAFTAR PUSTAKA memiliki format halaman angka romawi (i, ii, iii, dst.), dan bagian ISI mulai dari BAB I dan seterusnya memiliki format halaman angka biasa (1, 2, 3, dst.).

Meski Sedikit,Semoga Bemaanfaat . . .
Selamat Mencoba ^_^
Sekian, Terimakasih

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

CARA MEMBUAT TEKS KORAN PADA MICROSOFT WORD

Pada kesempatan ini saya akan menjelaskan bagaimana caranya membuat teks koran/majalah yang sering kita lihat dan baca. Berikut Langkah-langkah dalam membuat Teks Koran/Majalah adalah ; 1. Membuat kolom Pilih orientasi kertas, pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Orientation . Pilih Portrait atau Landscape . Pilih kumpulan teks seperti contoh berikut. Pada Page Layout tab, Page Setup grup, klik Columns . Pilih Two untuk membuat dua kolom. Pada contoh ini terdiri dari dua bagian: Judul (Lorem Ipsum) = satu kolom. Isi = dua kolom. Untuk gabungan ini, Microsoft Word akan otomatis membuat Section Break (Continuous) . Pada kolom, teks akan mengalir sampai batas bawah halaman kemudian baru berpindah ke kolom selanjutnya. Jika Anda tidak menginginkan teks sampai batas bawah halaman maka dapat menggunakan Column Break . Caranya: Letakkan kursor di depan teks yang aka...

Cara Membuat Sampul/Cover Page Dokumen Ms Word

Sampul atau cover dokumen penting untuk menandai pekerjaan kita. Sampul / cover yang menarik akan membuat orang tertarik untuk membaca isi dokumen. Berikut langkah-langkah dalam membuat cover tersebut ; Klik menu ribbon Insert lalu klik tombol Cover Page yang ada pada bagian grup pages , atau Tekan tombol ALT+N lalu tekan tombol huruf V Pilih salah satu dari sampul/cover page yang tersedia untuk digunakan Sampul/cover page akan ditaruh pada halaman pertama dokumen.   Meski Sedikit, Semoga bermanfaat . . . Selamat Mencoba ^_^ Sekian, Terimakasih

CARA MENYEMBUNYIKAN TEKS AGAR TIDAK IKUT TERCETAK

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan cara menyembunyikan agar tidak ikut tercetak. Baiklah kita  langsung saja, caranya mudah dan gampang kok. Ikuti langkah-langkah dibawah ini ; Sebelumnya kita buka dulu Msword terlebih dahulu. ketikan beberapa kata/buka dokumen Msword yang sudah ada. blok kata/kalimat yang tadi  klik kanan- font maka akan muncul seperti gambar dibawah ini; klik font dan pilih hidden  Kemudian kalu misalkan kalimat atau dokumen ingin muncul kembali seperti semula, maka kita harus membukan Hidden yang kita tadi lakukan, dengan cara Blok atau ctrl+A, lalu klik kana pilih font, terus pilih Uncheck Hidden kemudian OK.  kemudian setelah semua dilakukan, maka teks atau dokumant akan muncul kembali seperti semula. Demikian yang dapat saya bagikan kali ini. Meski sedikit, semoga bermanfaat . . . Sekian, Terimakasih

CARA MEMBUAT STRUKTUR ORGANISASI

Pasti kalian sudah tidak asing lagi dengan kalimat "STRUKTUR ORGANISASI". Struktur Organisasi tersebut biasanya terdapat pada instansi, organisasi, atau pun sekolah-sekolah. Kegunaan dari Struktur Organisasi tersebut memudahkan orang dalam menjalankan tugas masing-masing. Langsung saja kita mulai cara membuat struktur oragnisasi tersebut. Untuk membuat struktur organisasi yang paling mudah dan cepat di ms word, ikuti langkah-langkah berikut; Buka lembar kerja ms word anda. Selanjutnya klik insert pada menu bar ms word kemudian pilih smartart pada group illustrations. Selanjutnya akan muncul jendela choose a SmartArt grafic Pada jendela ini anda bisa memilih model struktur organisasi sesuai dengan keinginan anda. Jika anda menginginkan model struktur oraganisasi seperti halnya struktur organisasi di sekolah, anda bisa memilih model Hierarchy . Selanjutnya anda bisa melihat preview dari model pilihan anda panel se...

CARA MENGATUR GAMBAR MENGGUNAKAN WORD TEKS

Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan ten t ang mengatur gambar pada MS.WORD. Berikut langkah-langkahnya; P ertama tama kita buka ms.word lalu sisipkan gambar dengan cara pilih menu  insert > picture setelah itu kita pilih gambar yang akan kita sisipkan lalu klik insert, maka gambar akan tersisipkan di ms.word, setelah itu untuk mengatur gambar tersebut, kita tinggal klik kanan pada gambar tesebut lalu pilih pilihan  text wrapping. maka akan beberapa pilihan  in line with text  :  gambar yang anda pilih akan ditempatkan sebaris dengan teks`   square :  menjaga jarakk teks dengan gambar dalam bentuk tampilan kotak. tight :  seperti square, tetapi jarak teks yang ada dia atas dan bawah gambar akan sangat dekat dengan gambar (tanpa jarak) behind text :  gambar diletakan dibawah teks, sehingga gambar akan terlihat seperti background dari kertas. in front of text :  gambar diletakan diatas teks, sehingga bila ad...

CARA MEMBUAT FORMAT MATEMATIKA DI MICROSOFT WORD

Microsoft equation adalah tool yang ada pada microsoft word yang berfungsi untuk membantu dalam menuliskan rumus matematika yang sangat sulit. dengan tool ini menuliskan rumus matematika yang sangat rumitpun bisa dengan mudah dilakukan. Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat format matematika/rumus. Berikut langkah-langkahnya; buka microsoft word lalu pilih  insert > equation. Lalu kita pilih rumus yang akan digunakan, contohnya rumus yang dibawah ini; Untuk mengedit angka-angka nya kita tinggal simpan atau klik dibagian mana yang akan dirubah. seperti gambar berikut; Mungkin hanya itu saja yang dapat saya bagikan untuk kali ini. Meski sedikit, semoga bermanfaat . . . Selamat mencoba Sekian, Terimakasih